Teori kecerdasan menurut Köhler dan Thorndike

Kecerdasan adalah salah satu konsep hebat yang dipelajari oleh psikologi dan, di samping itu, salah satu yang paling sulit dijelaskan. Intelek menjadi kapasitas yang menentukan bagi manusia, sulit untuk melacak akar evolusi mereka dan, karenanya, memahami bagaimana basis biologis mereka berasal dari spesies kita. Namun, tidak benar bahwa kapasitas intelektual yang kita miliki muncul entah dari mana, dan ini juga dimanifestasikan dalam studi spesies lain yang menjadi nenek moyang kita: apa yang disebut investigasi tentang kecerdasan hewan.
Kemampuan untuk secara mental menciptakan adegan-adegan sederhana di mana masalah dapat dipecahkan secara virtual, juga disebut kapasitas wawasan, juga merupakan ciri khas beberapa hewan evolusi baru-baru ini. Dasar-dasar perilaku cerdas dapat ditemukan, oleh karena itu, pada spesies lain sezaman dengan kita. Mengenai studi tentang kecerdasan hewan, dua psikolog rujukan adalah Wolfgang Köhler, terkait dengan psikologi Gestalt, dan Edward Thorndike, psikolog perilaku.

Kecerdasan hewan, konsep polyhedral

Pertama-tama kita harus mengklarifikasi objek studi baik Kölher dan Thorndike. Yang pertama dari mereka ingin memeriksa sampai sejauh mana ada perilaku cerdas pada hewan, khususnya antropoid, tetapi jelas bahwa tingkat kecerdasan mereka berada di belakang manusia dalam hal kapasitas wawasan. Yang kedua dari mereka, Thorndike, menyoroti objek studi mereka sebagai proses yang dijelaskan dalam undang-undang asosiasi. Karena itu, sementara Köhler melihat lompatan kualitatif yang terjadi pada perilaku hewan ketika memecahkan suatu masalah (dijelaskan oleh fakta bahwa tiba "terburu-buru" ke resolusi masalah terima kasih untuk kekuatan wawasan), Thorndike menjelaskan pemecahan masalah pada hewan sebagai a proses kumulatif pengulangan.
Mengacu pada Thorndike, kami menyoroti minat khususnya pada pengetahuan fakultas sensorik, fenotip, reaksi dan hubungan representasional yang dibentuk oleh pengalaman ketika mempelajari kecerdasan hewan. Menurut kriteria mereka, kata "asosiasi" dapat mencakup banyak proses berbeda yang memanifestasikan diri dalam berbagai konteks. Dengan cara ini, untuk Thorndike asosiasi tidak hanya tidak menandai batas-batas perilaku rasional, tetapi adalah substrat dari ini menjadi mekanisme di mana hewan tertentu beradaptasi dengan lingkungan dengan cara terbaik. Karena alasan ini, ia membuang konotasi negatif dari kata yang ditautkan ruang lingkup laboratorium.
Namun, Kölher menganggap bahwa tidak ada psikolog penganut paham asosiatif yang dalam pengamatannya yang tidak memihak tidak membedakan dan menentang perilaku tidak cerdas di satu sisi dan yang tidak cerdas di sisi lain. Inilah mengapa ketika Thorndike, setelah penelitiannya dengan kucing dan ayam, menyebutkan bahwa "tidak ada dalam perilakunya yang tampak cerdas" Kölher menganggap bahwa orang yang merumuskan hasil dalam istilah-istilah ini harus lebih fleksibel dalam definisi kecerdasan hewan.

Metode

Untuk objek studi Thorndike, yaitu, untuk menafsirkan cara bertindak hewan, ia membangun a metode studi berdasarkan mediasi kurva waktu kemajuan. Kurva-kurva kemajuan dalam pembentukan asosiasi yang "benar" ini, dihitung dari catatan zaman binatang dalam percobaan berturut-turut, adalah fakta absolut. Ini menganggap mereka sebagai representasi yang baik dari kemajuan dalam pembentukan asosiasi karena itu bertanggung jawab atas dua faktor penting: lenyapnya semua aktivitas kecuali aktivitas yang mengarah pada kesuksesan dan realisasi aktivitas terakhir ini secara tepat dan sukarela.

Tempat

Media untuk jenis ini analisis adalah laboratorium, karena memungkinkan isolasi variabel sebanyak mungkin. Mengenai hewan yang diteliti, ia menggunakan kucing, tetapi juga ayam dan anjing, untuk menentukan kemampuan dan waktu yang diperlukan hewan ini untuk membangun serangkaian tindakan yang cukup efektif untuk mencapai tujuan mereka, yaitu, untuk mencapai makanan atau apa yang ditunjukkan peneliti melalui jeruji kotak.
Kölher, meskipun menggunakan ayam dan anjing sebagai subjek eksperimen untuk mempelajari kecerdasan hewan, memfokuskan perhatiannya pada antropoid. Untuk ini, ia membangun geometri gerakan yang rumit sehingga hewan mencapai tujuannya, yang terletak sehingga secara visual diidentifikasi oleh antropoid. Lebih jauh lagi, ia menganggap sangat penting fakta bahwa perilaku hewan-hewan ini harus terus diamati, yang melakukan yang baik. analisis berdasarkan observasi. Kölher percaya bahwa hanya dengan menyebabkan rasa tidak aman dan kebingungan pada simpanse melalui sedikit modifikasi masalah, seseorang dapat mempelajari adaptasi konstan terhadap keadaan yang dimanifestasikan melalui tindakan cerdas..

Diskusi tentang kecerdasan hewan

Thorndike menyimpulkan bahwa titik awal untuk asosiasi tersebut adalah serangkaian kegiatan naluriah yang diaktifkan pada saat hewan merasa tidak nyaman di kandang, baik karena kurungan atau karena keinginan untuk makan. Dengan cara ini salah satu gerakan hadir di repertoar perilaku hewan yang bervariasi akan dipilih untuk sukses. Kemudian hewan itu menghubungkan impuls-impuls tertentu yang mengarah pada kesuksesan dengan perasaan terkurung, dan impuls-impuls "berguna" ini mereka diperkuat melalui asosiasi.
Kölher, di samping idenya tentang pentingnya kondisi geometris, memperhitungkannya kesempatan dapat membawa hewan ke posisi istimewa dan tidak setara karena kadang-kadang dapat terjadi bahwa serangkaian kebetulan mengarahkan hewan langsung menuju tujuan, menutupi keseluruhan proses sebagai sampel kecerdasan hewan. Ini mengarah pada kesimpulan itu semakin kompleks pekerjaan yang harus dilakukan, semakin rendah probabilitas solusi secara kebetulan. Dia juga percaya bahwa percobaan menjadi lebih sulit ketika bagian dari masalah, jika mungkin yang paling penting, tidak terlihat dari titik awal, tetapi hanya diketahui oleh pengalaman. Itulah mengapa ia menganggap penting kompleksitas masalah dan akibatnya diskriminasi antara perilaku ditentukan oleh perilaku kebetulan dan cerdas.

Kritiknya

Kölher mengajukan beberapa keberatan tentang eksperimen Thorndike. Yang utama adalah miliknya kritik terhadap ide Thorndike bahwa pada hewan tidak ada ide dari persepsi untuk bekerja secara mental dalam memecahkan masalah (Seperti yang terjadi pada manusia), tetapi hanya sebatas membangun koneksi antar pengalaman. Köler, bagaimanapun, berbicara tentang kapasitas wawasan dari banyak hewan, sifat dapat tiba-tiba mencapai solusi dari masalah melalui representasi mental dari apa yang terjadi di lingkungan.
Pada gilirannya, Thorndike menyangkal bahwa pada hewan itu ada kesadaran akan ide-ide atau impuls yang tersedia, dan karena itu juga membantah kemungkinan bahwa asosiasi hewan identik dengan asosiasi psikologi manusia. Dari posisi ini, membantah keberadaan kecerdasan hewan.
Kölher, bagaimanapun, menegaskan bahwa perilaku cerdas memang ada, setidaknya di antropoid, meskipun mereka lebih rendah daripada manusia. Yang ini kelas bawah dalam wawasan binatang non-manusia secara fundamental dijelaskan oleh kurangnya kapasitas untuk menciptakan bahasa dan keterbatasan dalam repertoar ide-ide yang mungkin, yang tetap terkait dengan beton dan lingkungan terdekat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Koneksi Database SQL Server

Membuat CRUD Visual Basic .NET Database MySQL

Cara Input Data Dengan PHP